Selasa, 19 Nov 2019, WIB
Senin, 08 Jul 2019, 09:47:03 WIB
Administrator, Kategori : Seputar Sulawesi Selatan, 81 View

Dua puluh empat etalase seni sesuai jumlah kabupatan kota yang ada di Sulawesi Selatan, terpajang rapi di sepanjang koridor Galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) yang berada di Jalan Jendral Sudirman, Makassar.

 

Mulai dari sendal dari anyaman enceng gondok, tenun sutera, tas anyaman daun lontar, perhiasan manik khas Tana Toraja, hingga produk rumah tangga berbahan dasar tempurung kelapa yang telah dipoles sehingga terlihat serat yang mengagumkan tersedia di Gedung Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Tim Dekranasda Kabupaten Muara Bungo, Provinsi Jambi, yang hadir mengenakan seragam batik bungo tanduk ruso khas daerahnya langsung terlihat antusias ketika melihat kerajinan-kerajinan khas yang dipamerkan tersebut.

 

Tak kalah dengan para tamu yang hadir, Ketua Dekranasda Sulsel, Lies F Nurdin, juga sangat antusias saat menjelaskan daerah asal hingga proses pembuatan setiap kerajinan yang terpajang apik. Berulang kali Ketua Dekranasda Muara Bungo, Verawaty Mashuri, mengagumi semangat Lies F Nurdin memperkenalkan setiap kerajinan tangan seluruh daerah di Sulsel.

 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Gubernur yang begitu semangat mendampingi kami. Merasa tersanjung sekali seorang Ibu Gubernur mau memperkenalkan hasil dari produk-produk lokal dan hasil kerajinan yang ada di Sulsel,” tuturnya di Kantor Dekranasda Sulsel, Kamis (20/6).

 

Bagi Verawaty, butuh komitmen dan kerja luar biasa dari Dekranasda Sulsel untuk menghasilkan berbagai benda seni yang mewakili setiap daerah yang ada di Sulsel (One Village, One Product).

 

“Sulsel luar biasa dengan ketua Dekranasda yang sangat mendukung, tentu ini bukan pekerjaan gampang, bukan seperti membalikkan telapak tangan. Tetapi Ibu Gubernur Sulsel bisa menghimpun 24 kabupaten yang ada di Sulsel,” kata Verawaty.

 

Dari kunjugan ini, Verawaty bersama tim Dekranasda Muara Bungo, Provinsi Jambi, membawa serta ide kerajinan seni yang ia jumpai di Sulsel. “Ide-ide dari Ibu Gubernur yang memang kami tangkap sangat luar biasa, khusunya tenun dan enceng gondok yang ingin kita aplikasikan di kabupaten kami,” sebut Verawaty. (*)



Senin, 08 Jul 2019, 09:47:03 WIB Oleh : Administrator 89 View
Lies F Nurdin Menikmati Barongko Bersama Ketua Dekranasda Jambi di Rujab Gubernur
Minggu, 16 Jun 2019, 09:47:03 WIB Oleh : Administrator 278 View
Liestiaty F Nurdin Ajak Masyarakat Doakan Kesembuhan Isteri Mantan Wabup Bantaeng
Selasa, 11 Jun 2019, 09:47:03 WIB Oleh : Administrator 610 View
TP PKK SulSel Lakukan Misi Kemanusiaan untuk Korban Banjir di Sidrap



Tuliskan Komentar


Ketua PKK Sulsel Lantik Isteri Bupati Bone Senin, 19 Nov 2018 - Dilihat 1111 Kali