Rabu, 08 Jul 2020, WIB
Jumat, 19 Feb 2020, 09:02:57 WIB
Administrator, Kategori : Pokja 1, 319 View

ENREKANG - Pokja 1 TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pembinaan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga dalam Peningkatan Derajat Pendidikan dan Keterampilan Perempuan Keluarga Angkatan 1 dengan tema Pembinaan Karakter dalam Keluarga dengan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) yang bertempat di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Enrekang pada 18 sampai 20 Februari 2020.

 

Bimtek yang diikuti oleh perwakilan anggota Pokja 1 dari 24 Kabupaten / Kota se-Sulawesi Selatan dan anggota PKK dari 12 Kecamatan di Kabupaten Enrekang ini dibuka oleh H. Sawedi selaku Ketua Pokja 1 TP PKK Prov. Sulsel yang mewakili Lies F. Nurdin selaku Ketua TP PKK Prov. Sulsel.

 

Dalam sambutannya, Sawedi menyebutkan bahwa PAAR merupakan salah satu program utama dari sepuluh program PKK, khususnya Pokja 1.

 

"Berbicara tentang pola asuh anak tentu memberikan gambaran pada kita betapa pentingnya tentang pola asuh anak dan remaja. Di Pokja 1 hal ini sangat erat kaitannya dengan budi pekerti, akhlak dan karakter yang secara oprasional merupakan suatu karakter positif melalui kebiasaan, artinya seseorang diajarkan hal positif sejak dini hingga dewasa," ungkap Sawedi.

 

Ia pun menambahkan pola asuh anak dan remaja dapat menanamkan nilai moral dan norma positif di tengah perkembangan zaman seperti saat ini.

 

"Begitupula dengan dunia pendidikan saat ini telah dijangkiti empat macam krisis, yaitu krisis jatidiri, krisis ideologi, krisis karakter dan krisis kepercayaan diri yang disebabkan oleh pengaruh perkembangan zaman. Maka dari itu, adanya PAAR ini diharapkan bisa membantu anak dan remaja untuk terhindar dari empat macam krisis tersebut," jelasnya.

 

Di tempat yang sama, Johra Muslimin Bando selaku Ketua TP PKK Kabupaten Enrekang juga mengatakan bahwa PAAR merupakan program unggulan dari Pokja 1.

 

"PAAR ini merupakan hal yang sangat penting untuk kita tindak lanjuti ke bawah, karena apa yang kita lakukan hari ini adalah apa yang akan kita petik hari esok. Sejak dini kita harus mengarahkan bagaimana kita bersikap, seperti apa kita harus siapkan generasi kita," pungkas Johra.

 

Kabupaten Enrekang sendiri sudah mempunyai program khusus terkait sosialisasi PAAR di masyarakat, yakni dengan menggalakkannya program dasawisma Al-quran sejak tahun 2016 dengan mengumpulkan sepuluh orang tua atau keluarga untuk mempermudah pembimbingan Al-quran.

 

Progres kerja dasawisma Al-quran di kabupaten ini juga sudah terlihat dengan adanya kerjasama antara TP PKK Kab. Enrekang dengan pemerintah daerah dan kanwil kementerian agama setempat yang berhasil me-wisuda 300 ibu-ibu yang menjadi anggota dasawisma Al-quran, sekaligus launching Gerakan Sulsel Mengaji dan Shalawatan (GSMS). Sejak 2018 pemerintah daerah Kab. Enrekang juga sudah memberikan insentif kepada guru-guru mengaji yang tergabung dalam dasawisma Al-quran.

Kegiatan Bimtek bertemakan Pembinaan Karakter dalam Keluarga dengan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) ini diisi oleh sejumlah narasumber handal, diantaranya Prof. Nurul Ilmi Idrus, Dr. dr. Fitriah Zainuddin, Nur Anti S.E., M.T.,  M. Imran Arief S.H., M.H., dan Sawedi S.Ag., M.Pd.

 

Kedepannya diharapkan para peserta Bimtek PAAR dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan yang didapat selama kegiatan bimbingan teknis guna terciptanya sinergitas antara anak, orangtua dan pengajar agama yang mampu menumbuhkan kultur mengaji dalam sebuah keluarga dan menanamkan nilai adab dan moral.(*)



Selasa, 11 Feb 2020, 09:02:57 WIB Oleh : Administrator 1581 View
Tahun 2020 Liestiaty F Nurdin Bakal Kirim Kembali Guru PAUD se-SulSel Magang ke Jepang
Senin, 03 Feb 2020, 09:02:57 WIB Oleh : Administrator 1402 View
TP PKK Sulsel - Gojek Berdayakan 1.000 Perempuan Melalui Bisnis Digital
Minggu, 26 Jan 2020, 09:02:57 WIB Oleh : Administrator 1032 View
Bunda PAUD Sulsel Lantik Ketua TP PKK Sri Widiyati Sebagai Bunda Paud Pinrang



Ada 3 Komentar
Tuliskan Komentar


Ketua PKK Sulsel Lantik Isteri Bupati Bone Senin, 19 Nov 2018 - Dilihat 1515 Kali