.:: PKK Provinsi Sulawesi Selatan ::.
Program Kerja

Program Kerja

 

Urutan

10 Program Pokok PKK

  1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
  2. Gotong Royong
  3. Pangan
  4. Sandang
  5. Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga
  6. Pendidikan dan Keterampilan
  7. Kesehatan
  8. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi
  9. Kelestarian Lingkungan Hidup
  10. Perencanaan Sehat

 

Tujuan

Penghayatan dan Pengamalan Pancasila

Membentuk manusia Pancasila sebagai warga Negara Indonesia yang sadar akan hak dan kewajiban tugas dan tanggung jawabnya untuk memelihara dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Menghargai HAM, sadar hukum, melaksanakan demokrasi, meningkatkan keserasian, ketentraman hidup keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Gotong Royong

Mengembangkan kepribadian dan nilai-nilai budaya bangsa, serta nilai-nilai lihur yang tercermin dalam sikap, ucapan dan perbuatan, perilaku dalam suasana kekeluargaan, kebersamaan persatuan dan masyarakat sesuai dengan nilai social budaya setempat.

Pangan

Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang penganeka ragaman pangan dan penganeka ragaman tanaman pangan bagi setiap keluarga, pentingnya pemanfaatan halaman pekarangan untuk mewujudkan ketahanan pangan keluarga dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

 Sandang

Meningkatkan pengertian tentang guna, fungsi dan cara berpakaian sesuai dengan kepribadian bangsa serta memberikan keterampilan, kemampuan membuat dan memasarkan serta mengembangkan “disain-disain” tradisional dalam upaya kemitraan dengan usaha menunjang pariwisata untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga Meningkatkan pengertian rumah layak huni, nyaman, aman dan serasi, yang berfungsi untuk membangun keluarga sejahtera baik fisik material maupun mental spiritual.

Pendidikan dan keterampilan

Pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan membebaskan masyarakat dari 3 buta, yaitu buta aksara/huruf lain, buta pengetahuan dasar dan buta bahasa Indonesia, menumbuhkan minat baca dan perilaku kreatif. Inovasi serta meningkatkan harkat martabat SDM melalui pelatihan-pelatihan, kursus-kursus keterampilan dan pendidikan lainnya.

Kesehatan

Meningkatkan derajat kesehatan keluarga masyarakat secara optimal dengan memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat, mengenai kesehatan gizi keluarga dan pemeliharaan kesehatan pribadi sehingga tercipta kemampuan hidup sehat bagi keluarga masyarakat secara mandiri.

Pengembangan Kehidupan Berkoperasi

Mengembangkan usaha bersama yang berasaskan kekeluargaan dan kegotong royongan dibidang ekonomi dengan meningkatkan kesadaran berkoperasi, sebagai upaya dalam perbaikan ekonomi keluarga.

Kelestarian Lingkungan Hidup

Menanamkan pengertian dan kesadaran mengenai arti pentingnya peranan lingkungan hidup dalam kehidupan yang sehat, bebas polusi, mencegah erosi, melestarikan lingkungan, bebas pencemaran, sehingga dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kurang sehat.

Perencanaan Sehat

Merencanakan keseimbangan, keserasian, keselarasan antara pemasukan dan pengeluaran keuangan keluarga, mengatur kehidupan keluarga sesuai kemampuan masing-masing menuju terwujudnya keluarga berkualitas antara lain melalui kegiatan keluarga berencana, reproduksi sehat dan pendewasaan usia perkawinan.

 

Fokus Utama

Topik Pilihan

Assalamu Alikum Wr. Wb. Salam Sejahtera. Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayajahteraan rakyat melalui peningkatan kesejahteraan keluarga sebagai bagian dari tanggung jawab sebagai kelembagaan masyarakat melalui optimalisasi pelaksanaan 10 program pokok..

Last Tweet

Hubungi Kami

PKK Provinsi Sulawesi Selatan