Selasa, 20 Okt 2020, WIB
Kamis, 23 Sep 2020, 16:54:38 WIB
Administrator, Kategori : Ragam Kegiatan, 613 View

 

Makassar. Terus bergerak, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel) menyasar wilayah kepulauan di Kota Makassar. Terutama upaya untuk mensejajarkan kesejahteraan masyarakat di pulau dengan masyarakat di wilayah daratan.

Ketua PKK SulSel, Hj Liestiaty F Nurdin pun menyambangi Pulau Lae-lae di Kelurahan Lae-lae, Kecamatan Ujung Pandang pada Rabu (23/09/20). Didampingi Ketua PKK Kota Makassar, Hj Rossy Timur Wahyuningsih serta pengurus PKK, Lies menumpangi speedboat guna membuka secara resmi kegiatan Pembukaan Pelatihan Pengolahan Makanan Sehat bagi Perempuan-perempuan Pesisir dan Keterampilan Membuat Pledu bagi Anak-anak Pesisir.

"Hari ini kami ada di Pulau Lae-lae ini untuk memberikan tambahan wawasan bagi Ibu-ibu dan anak-anak yang ada di Pulau Lae-lae, Khayangan dan Samalona. Ada 5 ya, sebentar ini anak-anak kita ajarkan untuk membuat playdough, ada Ibu Wati sengaja Saya datangkan dari Jakarta", ungkap Lies.

Kelima point kegiatan yang dimaksud yakni pengolahan makanan sehat dengan memanfaatkan bahan yang ada di pulau. Berikutnya pembuatan hirdoponik untuk dimanfaatkan menanam sayuran, mengingat bercocok tanam di pulau tidak memungkinkan langsung ke tanah.

"Jadi bagaimana kita mengajarkan Ibu-ibu di Pulau Lae-lae ini pengolahan makanan, menu dan bahannya ada di sini. Kedua, mengajarkan Ibu-ibu menanam sayuran dengan hidropinik sederhana", urainya.

Sementara untuk anak-anak pesisir, Isteri Gubernur SulSel itu sengaja mendatangkan pengajar dari Jakarta. Adalah Wati, kepada anak-anak membimbing mengetahui cara membuat playdough dengan bahan yang ada di pulau, hingga membentuknya menjadi media kreatif lalu mewarnainya.

Untuk pembuatan clay, anak-anak dipandu memanfaatkan bahan sederhana seperti terigu, kanji dan beras. Point terakhir berupa teknik mendongeng, PKK SulSel bekerja sama PKK Kota Makassar mendatangkan Ainun, pendongeng kawakan dari Jakarta.

"Program ini tidak berhenti di Pulau Lae-lae, tapi kita akan lanjut ke Barrang Caddi, Barrang Lompo, PKK Provinsi bersinergi PKK Kotamadya akan lanjut sampai ke Pulau Lanjukang, Inshaa Allah. Kita mau seluruh masyarakat di pulau bisa merasakan pula apa yang dirasakan Ibu-ibu dan anak-anak di daratan", tegas dia.

Program kolaboratif itu melibatkan pula sejumlah lembaga dan organisasi. Di antaranya Bunda PAUD SulSel dan Makassar serta IKA SMA Kartika Chandra Kirana. (*)



Jumat, 10 Sep 2020, 16:54:38 WIB Oleh : Administrator 343 View
PKK dan Dinas PMD SulSel Gelar Pelatihan Pewarnaan Batik Shibori
Jumat, 09 Sep 2020, 16:54:38 WIB Oleh : Administrator 747 View
Hari Kedua BIMTEK PKK SulSel, Peserta Praktek Mengolah Pekarangan



Ada 10 Komentar
Tuliskan Komentar


Video PKK SulSel Bertandang dan Melatih Masyarakat Pulau Lae-lae Kamis, 23 Sep 2020 - Dilihat 298 Kali